Tips Merawat Mesin Mobil Toyota Hiace

Posted by Toyota Hiace, Sewa Mobil Hiace di Padang on Jumat, 06 Januari 2017

Ghaisan Rental - Tips Merawat Mesin Mobil Toyota Hiace supaya tetap dalam kondisi yang prima, kita perlu melakukan perawatan yang tepat dan rutin. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan dan keinginan untuk merawat mobil secara mendetail. Ada beberapa hal penting pada bagian mobil yang harus diperhatikan.

Bukan hanya mobil bekas yang sudah lanjut usia saja yang membutuhkan perawatan, mobil barupun juga membutuhkan perawatan secara berkala dengan baik dan benar, berlaku untuk jenis mobil matic (automatic) atau mobil dengan transmisi manual.

Tips Merawat Mesin Mobil Toyota Hiace

Menjaga Cat Mobil Hiace

Saat ada noda atau kotoran di cat mobil anda baiknya anda mencucinya dengan sabun atau shampo yang cuma ditujukan untuk mobil. Janganlah lupa untuk memakai lap spesial mobil, dianjurkan untuk menggunakan lap yang halus. Parkir mobil didalam garasi atau tutupi mobil dengan kain penutup mobil pada malam hari. Lantaran suhu dingin pada malam hari bisa memudarkan cat mobil hiace anda.

Pergantian Oli Mobil Hiace

Untuk pergantian oli mobil baiknya anda kerjakan sesuai dengan prosedur sesuai ketentuan produsen kendaraan. Umumnya pergantian oli mobil ketika pertama bakal lebih singkat dari pada pergantian setelah itu. Supaya mesin mobil anda tak cepat ruak baiknya janganlah terlambat untuk ganti ole mobil Toyota Hiace anda.

Tips Merawat Mesin Mobil Toyota Hiace

Pastikan Bahan Bakar Bersih

Dalam perawatan mobil baru pemakaian bahan bakar ini sangatlah punya pengaruh. Lantaran pemakaian bahan bakar yang salah bisa menyebabkan rusaknya pada mesin mobil anda. Otomatis kemampuan mobil anda juga bakal jadi tak optimal. Hingga sangatlah dianjurkan untuk beli bahan bakar mobil anda di SPBU terdekat.

Gunakan Air Bersih Untuk Radiator

Pemakaian air radiator yang benar yaitu dengan air bersih. Janganlah pakai air asal-asalan, baiknya anda menggunakan air dalam paket yang dijual di toko terdekat. Lantaran bila air yang dipakai untuk isi radiator itu yaitu air yang kotor, maka akan mengakibatkan pengendapan dan akhirnya terjadi penyumbatan di saluran pendingin Mobil Toyota Hiace anda.

Oli merupakan sesuatu yang vital bagi mesin mobil

Oli berperan mengurangi gesekan2 internal di dalam mesin. tanpa adanya oli, gesekan2 ini akan membuat komponen mesin2 tertentu cepat rusak atau haus. Dengan kata lain, keberadaan oli akan membuat mesin lebih awet. pada dasarnya sebuah mobil memerlukan oli dengan kekentalan tertentu. akibat adanya pembakaran didalam mesin ketika mobil akan dijalankan akan membuat tingkat kekentalan oli berubah, sehingga dalam waktu tertentu kekentalan oli di dalam mesin tidak lagi sesuai dengan kondisi internal mesin. Oleh karna itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara rutin berdasarkan jarak tempuh kendaraan. Agar kondisi mesin mobil lebih awet ada baiknya anda mengganti oli berdasarkan standar kilometer untuk penggantian oli berikutnya yang terdapat pada kartu service. Apalagi jika mobil telah digunakan untuk menempuh jarak yang sangat jauh.

Sesuaikan Ketinggian Oli Mobil Toyota Hiace

Jumlah atau ketinggian oli juga perlu diperiksa secara rutin. hal ini karena ketika mesin dijalankan, panas yang terjadi pada mesin mungkin saja membuat jumlah oli di dalam mesin berkurang sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Tips Merawat Mesin Mobil Toyota Hiace

Periksa Keadaan Radiator Pada Mobil Toyota Hiace

Radiator pada mesin mobil berperan untuk menjaga suhu mesin tetap dingin, artinya radiator merupakan komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat panas (over heating). Dengan rutin memeriksa radiator yang meliputi pemeriksaan kebocoran, pengurasan, dan penggantian air, maka performa radiator akan tetap terjaga, sehingga tugasnya sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga, sehingga tugasnya sebagai pendingin mesin akan tetap terjaga. Idealnya penggantian atau pengurasan air radiator dilakukan untuk setiap jarak tempuh sekitar 10.000 km.

Pastikan tangki bensin tidak berkarat

Susah memang untuk memastikan tangki bensin tidak berkarat. Akan tetapi, untuk mencegah hal ini, sebaiknya anda selalu memperhatikan volume bensin. Tangki dengan bensin yang penuh akan mengurangi proses perkaratan. Oleh karena itu sebaiknya jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong atau (low) terlalu lama, karena bagian yang tidak terkena bensin akan berkarat.

Periksa timing belt

Timing belt merupakan sabuk yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda2 gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Timing belt yang rusak ditandai dengan menimbulkan suara-suara dengung yang bising ketika mesin mulai dijalankan. kerusakan timing belt yang dibiarkan berlarut akan menyebabkan timing belt tersebut putus dan putusnya timing belt secara tiba-tiba akan membuat komponen-komponen tertentu pada mesin rusak. selain itu, suply listrik pada akumulator bisa tidak maksimal.

Lakukan Tune Up Tepat Waktu

Tune Up rutin di bengkel-bengkel akan membuat mesin tetap awet, hal ini karena pada proses tune up keadaan komponen2 vital yang berhubungan dengan mesin seperti busi, filter bahan bakar dan oli akan terperiksa.

Jika anda butuh rental mobil di padang klik link ini => rental mobil padang murah

Blog, Updated at: 18.26

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. berguna banget nih untuk pengusaha rental jadi tau tips merawat mobil hiace, saya juga sering sewa mobil di tangerang.. terimakasih

    BalasHapus